ANALISIS
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP
PEMBELIAN NOTEBOOK
Disusun oleh :
Siti Alfiah
17212041
3EA24
Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen
2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Seiring
dengan makin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan
komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Komputer saat ini
bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti sudah menjadi kebutuhan sekunder
masyarakat. Pengguna komputer kini makin berkembang. Tidak hanya orang dewasa
namun pelajar dan anak-anak sudah paham dengan pemakaian komputer.
Trend
yang berkembang saat ini adalah komputer jinjing atau yang lebih dikenal
sebagai notebook atau laptop. Dengan adanya notebook, masyarakat dapat lebih
simpel menggunakan komputer di luar rumah atau kantor. Notebook membantu
masyarakat yang mengharuskan bekerja dengan komputer namun dengan tingkat
mobilitas yang tinggi.
Dengan
makin tingginya frekuensi permintaan dan penggunaan notebook oleh masyarakat,
banyak produsen komputer memanfaatkan peluang untuk memproduksi notebook,
dengan berbagai macam merek dan spesifikasi. Merek-merek notebook yang sudah
awam di telinga masyarakat seperti HP, DELL, Asus, Acer, Lenovo, Toshiba,
Axioo, MSI, Apple, dan masih banyak lagi.
Dari
kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan
kebutuhan masyarakat, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam
pembelian laptop. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih
produk. Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai
keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.
Dalam
melakukan pembelian, konsumen tidak terlepas dari karakteristik produk baik
mengenai penampilan, spesifikasi, dan harga dari produk tersebut. Selain itu,
faktor sosial juga berperan penting. Faktor sosial dalam hal ini adalah
dorongan teman atau keluarga. Faktor promosi perusahaan juga berperan penting
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang dirumuskan masalah sebagai berikut :
- Mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi terhadap keputusan untuk membeli produk notebook.
- Mengetahui diantara faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli notebook.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan
dari penelitian adalah :
- Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi terhadap keputusan untuk membeli notebook.
- Mengetahui diantara faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk notebook.
BAB II
PEMBAHASAN
Memiliki
notebook atau laptop bukanlah sesuatu yang sulit saat ini, mengingat harga
notebook itu sendiri semakin hari semakin terjangkau (murah).
Tetapi
yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah notebook yang murah berarti kurang
bermanfaat atau sebaliknya, notebook mahal mempunyai maafat yang jauh lebih
baik?
Kedua
pertanyaan diatas adalah tidak benar menurut kami karena semuanya kembali
kepada kebutuhan si pemakai. Jadi notebook seperti apa yang sesuai dengan
kebutuhan?
Untuk
apa anda membeli notebook?
|
|
1.
|
Sebagai
pengganti PC/ komputer desktop
|
Jika
ini yang menjadi alasan utama maka carilah notebook dengan ukuran layar
minimal 15 inch sehingga anda dapat bekerja dengan lebih nyaman. Tetapi di
satu sisi, bila anda juga sering membawanya ke luar (bisnis atau lainnya)
maka berat notebook ukuran 15 inch atau lebih akan sedikit mengganggu
perjalanan (karena beratnya rata-rata diatas 3kg – 6 kg.
|
|
2.
|
Untuk
menemani anda yang sering melakukan perjalanan bisnis
|
Sebaiknya
anda memilih notebook dengan ukuran 12 inch atau kurang karena biasanya
notebook ini (disebut juga dengan sub-notebook) mempunyai berat yang lebih
ringan yaitu antara 1 – 3 kg. Tetapi satu hal yang perlu dipertimbangkan,
bila notebook ini juga digunakan sebagai media presentasi ke klien maka sebaiknya
anda menghindari membeli notebook ukuran kurang dari 12 inch karena tentu
tidak nyaman untuk presentasi ke pelanggan.
|
Pada
intinya ukuran notebook dibagi menjadi beberapa yaitu Mainstream
(14″ – 15,4″), Thin and Light (10″ – 14″) dan Desktop
Replacement (17″ – 21″).
Satu
hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah ukuran keyboard di notebook,
semakin kecil ukuran suatu notebook berarti semakin kecil ukuran keyboard
tersebut dan ini biasanya akan membuat kita kurang nyaman.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan analisis data, maka
dapat dikemukakan beberapa kesimpulan penelitian sebagai berikut:
1. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen dibandingkan variabel citra merek dengan hasil regresi sebesar 0,559. Selanjutnya pengaruh variabel lainnya citra merek adalah sebesar 0,250.
1. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen dibandingkan variabel citra merek dengan hasil regresi sebesar 0,559. Selanjutnya pengaruh variabel lainnya citra merek adalah sebesar 0,250.
2. Hipotesis pertama (H1) yang
menyatakan bahwa citra merek (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan
pembelian (Y), telah terbukti kebenarannya. Hal ini berarti citra merek merupakan
salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian
produk laptop merek Acer Aspire.
3. Hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa kualitas produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y), telah terbukti kebenarannya. Hal ini berarti kualitas produk merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk laptop merek Acer Aspire.
3. Hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa kualitas produk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y), telah terbukti kebenarannya. Hal ini berarti kualitas produk merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk laptop merek Acer Aspire.
4. Variasi keputusan pembelian
dijelaskan oleh variabel citra merek dan kualitas produk sebesar 57,7% ,
sedangkan sisanya 42,3% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.
3.2
Daftar Pustaka
Aaker, David. A. 1996. Building
Strong Brands. New York: The Free Press.
Dajan, Anto. 1996. Pengantar Metode statistik Jilid II. Jakarta. BP3ES
Durianto, Darmadi, Sugiarto & Sitinjak, Toni. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dajan, Anto. 1996. Pengantar Metode statistik Jilid II. Jakarta. BP3ES
Durianto, Darmadi, Sugiarto & Sitinjak, Toni. 2001. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
https://donnyhr.wordpress.com/2011/10/14/analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen-terhadap-pembelian-notebook/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar