Rabu, 09 April 2014

KARANGAN LAB MANAJEMEN MENENGAH


Hei guys aku mau berbagi cerita nih tentang Laboratorium Manajemen Menengah, mata kuliahnya itu Praktikum Manajemen Keuangan.

Disetiap praktikum di Gunadarma itu ada 4 kali pertemuan. Nah buat Praktikum Manajemen Keuangan aku dapet pas hari senin jam 13.30 WIB sebut aja jam setengah 2 siang hehe :D

Sebenernya sih males banget yah masuk jam segitu, ngantuk banget.. iyakan? Tapi yaudahlah mau gimana lagi, dapet jadwalnya jam segitu.. sebenernya rada bete sih yah karna waktu liburan aku rada keganggu gitu, jadi susah buat pulang ke Tangerang huhuhu :( untung cuma sebulan doang praktikumnya.. duh duh jadi curhat nih kan hahaha

Pertemuan yang pertama kali aku masuk Laboratorium Manajemen Menengah itu rada panas sih kelasnya.. naro tasnya juga dibedain gitu antara cewe sama cowo, kan biasanya praktikum ngga pernah kayak gitu.. abis naro tas, aku langsung cari tempat duduk, aku duduk di baris tengah bangku ke-3 dari depan. Sengaja sih emang biar duduk didepan, biar paham sama materinya.

Sebelum mulai materi, biasanya ada KP gitu yang memulai perkenalan. Ternyata nama KP nya itu Kak Brian. Pertama liat sih KP nyas rada galak gitu, serem mukanya haha :v

Trus abis Kak Brian memperkenalkan diri ke kita, dia langsung absen nama-nama anak 2EA24,selesai absen trus kita dikasih soal gitu nyebutnya sih Laporan Pendahuluan.. Kak Brian ngasih soalnya sebanyak 6buah, tapi yg bisa aku jawab 4soal doang hehe :D

Pas udah selesai ngerjain LP dan dikumpulin, barulah Kak Brian ngenalin Tutor atau kakak  ysng ngsjsrin untuk materi Manajemen Keuangan. Tutornya bernama Kak Adi, Orangnya tinggi, hitam manis, badannya sedenglah..

Materi untuk pertemuan yang pertama, kita ngebahas Bab 1 dan Bab 5. Bab 1 itu tentang “Kebijakan Deviden”, kalo Bab 5 tentang “Investasi Dalam Aktiva Tetap”.

Kak adi mulai nerangin dari Bab 1, dia nerangin sambil ngasih nilai max buat murid-murid 2EA24. Materi Bab 1 selesai, dan ngga sulit ko.. gampanglah kalo emang bener-bener merhatiin kakaknya nerangin. Setelah itu lanjut ke materi Bab 5, yg ini emang sedikit bikin aku pusing, susah buat mahaminnya hehehe tapi untungnya aku paham sama materi ini. Bab 1 dan Bab 5 selesai dijelasin oleh Kak Adi, berarti tandanya udah mau pulang juga. Tapi sebelum keluar kelas Kak Brian ngomong lagi didepan kelas, dan dia ngasih tugas yang biasa disebut LA (Laporan Akhir). Kak Brian bilang kalo tugasnya itu disuruh  ngedownload dan ditulis di kertas folio, dan harus di print screen juga softwarenya.. huuft ribet yah, tapi ngga apa-apalah demi tugas dan nambahin nilai juga, semangat terus deh hehe..

 Besokannya dikelas, si Sam (KM kelas 2EA24) ngasih fotokopian yang isinya itu tugas praktikum Manajemen Keuangan.. malam harinya aku kerjain deh soal yang Bab 1 dan Bab 5. Selesai sudah tugas nulis yang dikertas folio dan print screennya..

Pertemuan minggu ke-2, aku datang jam 1an. Karna masih ada anak kelas lain di Lab Manajemen Menengahnya jadi kita nunggu dulu diluar kelas. Tiba-tiba aku terkejut karna aku ngga membawa map bening dan kartu praktikum. Ngga lama kemudian Kak Brian keluar dari kelas, dan aku langsung lapor ke dia kalo aku tidak membawa map bening dan kartu praktikum. Pas lagi lapor sama Kak Brian itu rasanya takut banget kan, takut diomelin karna mukanya galak. Eh ternyata aku salah menilai, dia bisa ngasih toleransi ke aku. Dari situ aku langsung demen banget kalo ngeliat Kak Brian hehe

Jam sudah menunjukkan pukul 13.30 WIB, berarti saatnya kelas 2EA24 maasuk untuk praktikum. Didalem kelas, seperti biasa Kak Brian ngasih tugas LP ke kita, setelah itu dikumpulin dan ngumpulin tugas yang minggu pertama juga. Disitu aku ngeliatin Kak Brian terus loh, sedikit takut kkalo tiba-tiba dia marah, tapi untungnya ngga. Dia malah senyum-senyum gitu, duh manis banget deh hehehe ;;)

Pertemuan minggu ke-2 ini kita masih diajarin oleh Kak Adi dengan materi Bab 3 yaitu tentang “Analisis Sumber dan Penggunaan Dana”. Mulailah Kak Adi ngejelasin materi itu ke kita, hmm sedikit sulit sih buat memahaminya. Tapi aku memberanikan diri untuk bertanya kepada Kak Adi tentang materi yang ngga aku pahami, setelah itu aku mulai mengerti materi di Bab 3 ini. Jam sudah menunjukkan pukul 15.30 WIB dan saatnya kita untuk pulang. Sebelum pulang, seperti biasa nih Kak Brian muncul didepan kelas untuk ngasih tugas ke-2 untuk dikumpulkan diminggu ke-3 nanti. Setelah Kak Brian ngasih tugas LA ke kita, dan selesai berdoa, dia memanggil murid-murid yang tidak mematuhi peraturan Laboratorium Manajemen Menengah dan disuruh menghadap dia setelah keluar kelas. Aku adalah yang termasuk dipanggil sama Kak Brian karena aku tidak membawa map dan kartu praktikum. Kemudian aku disuruh mengambil map dan kartu praktikum tersebut oleh Kak Brian, dia menunggu aku sampai jam 5 sore. Alhasil aku ambil map dan kartu praktikum tersebut dirumah, aku mengajak temanku yang bernama Vita. Setelah sampai dirumah aku mengambil map dan kartu praktikum, lalu aku bergegas balik lagi ke kampus. Aku sampai dikampus sekitar pukul setengah 5 sore. Alhamdulillah masih keburu hehe J setelah sampai dikampus, aku langsung ke lantai 4 dan menuju ruangan Laboratorium Manajemen Menengah. Ternyata disitu Kak Brian ngga ada, dan aku disuruh ke ruang arsip. Setelah aku masuk diruang arsip, ternyata ada Kak Brian disana hihi senengnya, lega banget rasanya. Aku menyerahkan map dan kartu praktikum tersebut dan langsung dikasi tanda tangan Kak Briannya. Dia juga berkata “minggu depan jangan lupa dibawa yah, kalo ngga dibawa nilai kamu saya kasih 0”. Aku jawab aja “siap ka”, sambil menuju keluar dan aku pulang kerumah.

Berhubung senin depan itu tanggal merah, ternyata Praktikum Manajemen Keuangan pun diliburkan, Alhamdulillah bisa bersantai lah hehe. Tapi sambil bersantai, aku tidak lupa akan tugas yang diberikan oleh Kak Brian, lalu aku kerjakan saja tugasnya, supaya tidak menumpuk juga. Karna masih banyak juga tugas-tugas yang lain.

Pertemuan minggu ke-3 bertemu lagi dengan Kak Brian yang selalu memulai sebelum acara belajar mengajar, jelaslah kan dia sebagai KP hehehe..

Pas materi ingin dimulai, ternyata tutor untuk minggu ke-3 ini diganti yang biasanya Kak Adi sekarang menjadi cewe yang bernama Kak Junita.

Mulailah Kak Junita menjelaskan materi Bab 4 yaitu tentang “Analisis Financial Leverage”. Materi Bab 4 inio ternyata sulit, dan aku susah memahaminya. Tapi aku terus berusaha memahaminya sampai akhirnya sedikitlah yang aku pahami. Ketika setengah perjalanan mengajar, sekitar pukul setengah 3 sore turun hujan yang sangat deras, petir pun menyambar berulang kali. Yang bikin saya terkejut, ada pintu kecil disamping kaca kelas, dan pintu itu terbuka, sehingga air hujan pun masuk kedalam kelas dan sedikit membahasi computer, keyboard, dan ruangan kelas. Tapi dengan kejadian itu tidak menyurutkan kita untuk berhenti belajar. Praktikum pun  tetap dilanjutkan.

Tiba-tiba Kak Brian duduk dibaris tempatku duduk. Yaampun mukanya itu loh yang tadinya aku beranggapan dia galak, ternyata dia manis loh hehehe

Hp ku tiba-tiba bergetar lalu aku ambil untuk melihat siapa yang sms, tapi Kak Brian menegurku untuk tidak bermain hp, setelah itu Kak Brian pergi, dan aku coba untuk mengeluarkan hp ku lagi. Dan ternyata aku kepergok oleh Kak Brian lagi, akhirnya aku taro saja hp ku di kantong rokku.

Jam sudah menunjukkan pukul 15.30 WIB, dan penjelasan materi Bab 4 pun selesai. Dan seperti biasa Kak Brian memberi tugas LA lagi kepada kita, dan ditutup dengan doa.

Dan dia mengingatkan kepada kita kalau minggu depan kita ujian Manajemen Keuangan. Kak Brian memberi tahu apa-apa saja yang harus dibawa minggu depan pada saat ujian. Setelah itu kita keluar kelas deh..

Sekian cerita dari aku yah hehehe :)

SEMANGAT UNTUK 2EA24 DALAM MENGERJAKAN UJIANNYA :)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar